Rabu, 03 Maret 2010

Cloud Computing



Apa yang dimaksud dengan Cloud Computing?
 

Secara  umum  cloud  computing  adalah  segala  sesuatu  yang melibatkan  suatu penempatan  layanan  (hosted  services) melalui  internet. Penempatan  layanan  tersebut  secara  luas dapat  dikategorikan  sebagai  Infrastructure-as-a-Service (IaaS), Platform-as-a-Service (PaaS) dan Software-as-a-Service (SaaS). Penamaan cloud computing terinspirasi dari simbol awan yang sering kali digunakan pada flow chart dan diagram yang melambangkan internet.
Cloud computing memandang penyelesaian suatu proses dari sisi pemakaiannya. Dalam cloud computing, berarti si pemakai sama sekali tidak memiliki resource yang dipakai untuk memproses permintaannya. Data yang disedikan pemakai layanan akan diproses dalam suatu jaringan besar yang self-regulating (bisa mengatur dirinya sendiri). Pemakai hanya tahu hasil akhirnya saja tanpa tahu detil siapa yang memproses permintaannya, dimana diprosesnya dan dimana datanya tersimpan. Semua detil tersebut tertutup awan. Contoh cloud computing misalnya: Amazon EC2, SalesForce.com, Google App Engine, Yahoo! BOSS dan lain-lain.


Layanan Cloud
Layanan  cloud memiliki  3  karakteristik  yang membedakan dengan penempatan  layanan traditional blain antara  lain dijual sesuai kebutuhan (on demand), biasanya dalam hitungan menit  atau  jam;  bersifat  elastis,  pengguna  dapat  memilih sedikit atau banyaknya  layanan yang diinginkan pada suatu waktu  tertentu;  dan  layanan  tersebut  sepenuhnya  dikelola oleh vendor tersebut (konsumen hanya membutuhkan komputer dan akses internet). Beberapa inovasi virtualisasi yang berpengaruh,  distributed  computing,  peningkatan  akses  jaringan  internet yang cepat dan  lemahnya ekonomi menjadi faktor yang mempercepat keberadaan cloud computing.
 
Terdapat tiga komponen platform = computer desktop, mobile devices dan cloud, dengan memperhatikan masalah kemudahan dan keamanan, dimungkinkan dapat dengan mudah para user untuk pindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain dimana saja.
Teknologi cloud computing ini memiliki banyak keuntungan, yaitu hemat listrik, hemat peralatan, piranti lunak yang lengkap dan sistem operasional yang tersedia juga secara online.

Tujuan utama dari cloud computing sesungguhnya dari cloud computing justru terjadi pada perusahaan. Perusahaan biasanya tiap tahun dipusingkan pengeluaran besar untuk membeli piranti keras dan lunak. Bila cukup membeli satu terminal, bukan saja lebih murah, tapi juga perlengkapan yang simpel lebih tahan lama.
Selain keuntungan, cloud computing juga memiliki kekurangan, yaitu
Computer akan macet dan tidak bisa di gunakan sama sekali bila internet bermasalah atau kelebihan beban., selain itu keamanan data penting /rahasia kurang terjamin, karena kita meminjam storage pihak ketiga.

sumber 
http://www.metrodata.co.id/admin/news/text/insite-juni2009b.pdf
http://fammie.wordpress.com/2010/01/26/cloud-computing/


0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan