Selasa, 03 November 2009

Memperbaiki Flashdisk "Unknown Device"

Setelah mencari-cari tutorial untuk dapat memperbaiki flashdisk yang rusak (terdetect dikomputer tetapi kapasitas yang ditampilkan 0 atau dideteksi sebagai device lain "unknown device") akhirnya saya menemukan tutotialnya. berikut ulasan totrial yang telah saya dapat untuk bisa dishare kepada para pembaca yang mempunyai masalah yang sama pada flashdisk... Kayaknya dah pada ga sabaran nih...yaudah kita langsung aja ke tutorialnya :
  1. Kita download program usbview. program disini berbentuk zip sehingga kita harus    mengesktraknya terlebih dahulu. Program ini berguna untuk melihat id vendor dan id produk dari flashdisk kita.    download disini   
  2. Kita bisa melihat daftar dari id vendor dan id produknya disini : http://www.linux-usb.org/usb.ids
  3. Pada tahap ini yang agak sulit karena rupanya para vendor enggan memberi tool  untuk kita pakai tapi   untungnya ada website dari rusia yang mendedikasikan untuk mengatasi masalah-masalah flashdisk hanya saja masalahnya yah bahasa rusia(bisa menggunakan google translate)!! http://flashboot.ru/iflash.html. Isi aja di searchbox no vendor flashdisk kamu..setelah keluar hasilnya jangan buru2 di download toolnya liat dulu nama pabriknya misalnya Kingston (liat dari hasil penjelasan yg no.2). kita harus memperhatikan kapasitas, dan VID dan PID (Vendor ID dan Product ID) jika telah    sama maka kita download tools nya. Memang ada beberapa tools yang tidak bisa didownload tetapi kita bisa mencarinya di google dengan tipe dan versi tools yang sama.
  4. Setelah didownload jangan dijalankan terlebih dahulu, harus discan menggunakan anti virus. takut jika tools yang kita download ternyata adalah virus. setelah itu baru di jalankan.
Untuk contoh :

Flasdisk gw TwinMos 2 GB dengan tipe X4.
Vendor ID  : 126F
Product ID : 0136
Tools yang digunakan : UT163 MPTool v3.9.35.0
donwload tools : http://www.flashboot.ru/uploads/files/public/UT163-MPTool-v3.9.35.0.zip

Note :
 
Perlu di ingat masing-masing vendor mengeluarkan tools yang berbeda, 
sehingga untuk penggunaannya sediri berbeda-beda pula caranya. Sehingga kita harus cermat dalam menggunakannya.

dalam hal ini di perlukan keberanian. dan gw sendiri sudah mencoba tutorial ini dan hasilnya sangat memuaskan. Flasdisk gw yang sudah lama di museumkan akhirnya bisa dipakai kembali.

sumber : http://www.indowebster.web.id/showthread.php?t=16847

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan